Saturday, 12 May 2012

shogun kebo

Pengapian SDI pada sepeda motor Suzuki SHogun FD 110 cc berlangsung khusus. Baca lengkap di layanan internet
Beberapa orang mungkin memiliki sepeda motor Shogun FD 110 cc generasi pertama, yang dikenal bandel dan kuat. Sepeda motor ini di banyak tempat dibiarkan tanpa aki, digunakan seadanya dengan listrik langsung dari mesin motor.
Sebuah motor dengan starter manual masih dapat beroperasi normal, karena listrik otomatis disediakan setelah mesin dihidupkan. Yang tidak dapat dilakukan hanya yang membutuhkan listrik saat mesin motor mati. Jadi, semua aktivitas berlangsung wajar dan normal ketika mesin motor dihidupkan, mulai dari menyalakan lampu depan, retting lampu, lampu kedip, bahkan klakson motor. Semuanya berlangsung tanpa ada masalah.
Berbeda dengan sepeda motor Shogun FD 110 cc, mungkin juga terjadi pada motor versi lainnya. Sepeda motor ini dalam pemasangan atau operasional awal tanpa aki akan berlangsung normal. Pengendara akan aman berkendara sejauh-jauhnya tanpa ada masalah. Namun, beberapa bulan, akan terjadi keanehan karena mesin tidak mau hidup alias mati, bisa saja langsung mati saat kendaraan malaju kencang. Jika matinya di rumah atau di dekat bengkel, tentu kita tidak bermasalah. Jika matinya jauh dari rumah dan jauh dari bengkel, tentu sangat menjengkelkan.
SDI motor suzuki memerlukan listrik cadangan saat melakukan pengapian walaupun menggunakan starter manual. Selama masih ada sisa muatan di CDI ini, koil dan busi serta starter manual akan berfungsi normal. Jika habis muatannya maka semuanya tidak berfungsi maksimal sehingga proses pengapian dengan starter manual tidak cukup untuk menimbulkan percikan api. AKibatnya, motor tidak mau menyala.
Beberapa awak atau teknisi bengkel di desa mungkin tidak mengerti kondisi ini. Seringkali mereka menyarankan penggantian komponen lain selain melakukan charging SDI dengan aki lain atau aki normal. CDI, koil atau mungkin busi dapat saja disarankan padahal ini tidak menyelesaikan masalah. Namun, ada kalanya penggantian komponen ini memperkuat fungsi pengapian dan motor dapat beroperasi kembali. Namun, tidak lama. Mungkin sektiar 3 minggu, matinya sepeda motor kembali terjadi.
Mungkin jika kasus ini terjadi, kita sebagai pengendara dan mungkin juga pemilik dapat melakukan pemulihan. Jika ada aki, entah karena tidak tersambung atau harus membeli atau meminjam aki, CDI dapat dimuati dengan aki ini, kemudian distarter. Sepeda motor suzuki anda pasti hidup dan beroperasi hingga 3 minggu. Dalam waktu singkat dan secepatnya, aki permanen harus disediakan selalu terhubung ke sistem pelistrikan sepeda motor ini. Niscaya, matinya motor tidak akan terjadi lagi.

Untuk yang tanpa starter aki, memang tidak bisa hidup. Pengapian menjadikan motor hidup. Pengapian menggunakan listrik. Listrik ini disuplai dari aki. Karena itu, jika aki tidak ada atau lemah, skutik dan motor tanpa starter kaki, tidak bisa hidup.
 
jumpa lagi bro :-) … Mending cerita motor lama suzuki shogun 110 yang cukup fenomenal di zamannya dulu, waktu dulu nama sebutanya di tempat saya shogun kebo/lamak (gendut) dan shogun ramping/kurus :-) .. Gak di ragukan lagi kalo motor ini cukup tangguh di kelas 4 tak bro..karena saya sendiri juga pernah make 2 tipe motor ini,shogun kebo cakram dan non cakram…

*shogun kebo ane sebelum ganti vixi
Suzuki Shogun110 adalah sepeda motor yang paling lama di
antara tipe lain yang masih dijual suzuki dan diproduksi hingga sekarang namun sekarang menjadi nama shogun 125. Suzuki Shogun juga mencatat
sejarah yang fenomenal, karena merupakan sepeda
motor 4-tak tercepat di zamannya ketika waktu itu.
Namun pada saat shogun 110 sedang populer produksinya malah di hentikan. Kemudian digantikan dengan shogun 125 pada tahun 2004, karena sepeda motor 125cc menarik minat konsumen pada waktu itu hanya honda karizma 125 sebagai pesaingnya. Dengan memperkenalkan produk terbarunya suzuki menggelar suzuki jelajah negeri dengan sebagai ajang pembuktian ketangguhan suzuki shogun, yang menempuh jarak 20.000km.
 
Untuk yang tanpa starter aki, memang tidak bisa hidup. Pengapian menjadikan motor hidup. Pengapian menggunakan listrik. Listrik ini disuplai dari aki. Karena itu, jika aki tidak ada atau lemah, skutik dan motor tanpa starter kaki, tidak bisa hidup.
1.shogun 95-97

Saat di keluarkan pertama kali motor ini masih menggunakan rem teromol pada roda depannya. Bodynya sama persis dengan suzuki tornado 2 tak yang terlihat gemuk.. Suzuki shogun di anggap sebagai pelopor motor bebek 4 tak dengan desain aerodinamis waktu itu.
Pada shogun generasi pertama ini memiliki CDI non limiter dan tahan lama yang banyak di cari mekanik..material kruk as yang kuat dan lebih stabil,batang klepnya yang kuat juga menjadi incaran mekanik..ketangguhan lainya yang di akui adalah rantai keteng dan kampas kopling awet…, top speed yang saya dapat ketika punya motor ini 120kmh on spedo.. Waktu nge drag tes sama F1ZR warna merah putih punya teman, awal start gear 1 dan 2 ketinggalan sekitar 3 meter di belakang F1ZR gear 3 dan 4 mampu menyusul sedikit demi sedikit,.. hingga sejajar bersebelahan sampe akhirnya jalan abiz ketemu tikungan gak berani lagi :-) ..si rider F1zr agak gendut xixix :mrgreen: jdi bisa di susul.
 2.shogun 97-99

Pada tahun 97 suzuki shogun yang versi sebelumnya tromol di ganti menjadi rem cakram depannya seperti rem teknologi tornado, serta striping yang berubah…Mesin juga mengalami perubahan, terutama pada kruk
as. Bobotnya lebih berat sedikit dibanding
generasi sebelumnya, yaitu 2,25 kg. Oleh mekanik
balap kerap dijadikan pilihan kedua bila versi
pertama tidak ada..,
Alhasil waktu zaman sekolah sering iseng2 ngedrag sesama motor teman gini hasil pengalamanya :
Shogun vs vega : menang
Shogun vs vega : kalah setengah body sejajar ( motor vega yang sama yang sama cuman knalpotx dah di bobrok dan sett karbu )
Shogun vs supra : menang 3 meter di depan
Shogun vs karizma 125 : kalah (dari akselerasi dah kalah,mungkin dah ketuaan umur motor ane,si 125 baru 3 bulan,lagian beda kelas :mrgreen: )
Shogun vs F1ZR (full clutch) : kalah lagi cuy
Shogun vs shogun ramping : menang
Shogun vs smash : menang
Bego banget kan bro…gak pikir tu tipe 2 tak atau cc nya sama apa nggak ,yang penting gasspool (jangan di tiru ngalay nya bro ) he…he… :mrgreen: sekarang tobat dah…, dari semua motor tu standart daleman mesinnya..
 
3.shogun 2000-2003

Waktu Shogun 110 laku berat di pasaran,
kemudian pabrikan Honda memproduksi Honda
Supra X pada akhir tahun 1997. Bodi Supra lebih
terlihat ramping dan tidak bergetar. Hal ini
membuat pabrikan Suzuki ber inovasi dengan merubah tampilan
Shogun lama yang terkesan gemuk.
Hingga Pada th 2000 keluar lah New Suzuki Shogun 110
. Bodi ramping dan
menjanjikan berkendara yang lebih ringan, namun
mesinnya tidak sekuat generasi awal. Material
kruk as tidak lagi diproduksi di Jepang, melainkan diproduksi di Thailand. Sehingga kualitas materialnya kurang bagus. Ini merupakan Suzuki
Shogun terakhir untuk model 110 cc. Model ramping ini tidak pernah saya miliki palingan cuman minjem sebentar punya teman..sehingga kurang tau bener karakter mesinya.
Dari ketiga produk tersebut yang paling tangguh felling saya memang produk pertama bro dari segi mesinya..boncengan gigi 2 nya gampang banget standing :-) (apa hubunganya ya) :mrgreen: ..
Spesifikasi shogun terakhir th 2003
Engine and transmission Displacement : 109.00 ccm (6.65 cubic inches)
Engine type : Single cylinder, four-stroke
Top speed : 120.0 km/h (74.6 mph) 0-100 km/h (0-62 mph) : 25.000 seconds Compression : 9.3:1
Valves per cylinder : 2
Fuel system : Carburettor. Mikuni VM17SH
Fuel control : OHC
Ignition : DC-CDI
Lubrication system : Wet sump
Cooling system : Air
Front tyre dimensions : 2.50-17
Rear tyre dimensions : 2.75-17
Fuel capacity: 4,5 liter
Starter type : electric and kick
 

No comments:

Post a Comment

Post a Comment